Keanekaragaman Indonesia Peringkat Pertama Pusat Biodiv「Baccarat Probability」ersitas Dunia

  • 时间:
  • 浏览:0
  • 来源:RealMoneyGamblingSite

BBaccarat Probabilityaca juga: Rusaknya Biodiversitas karena Ulah Manusia Picu Munculnya Covid-19

KOMPAS.com - Peneliti menyebutkan status dan tren keanekeragaman hayati Indonesia, menempati peringkat pertama sebagai salah satu pusat agro biodiversitas dunia.

Sementara, untuk di Baccarat Probabilitywilayah Sumatera, flora yang paling banyak ditemukan adalah dari grup taxa pteridophyta sebanyak 724 jenis dan gymnosperms sebanyak 66 jenis.

Baccarat Probability"Jawa masih menjadi pulau tertinggi diversitas floranya. Hal ini karena eksplorasi banyak dilakukan di pulau Jawa," kata Rosichon dalam International Webinar on Indonesian Biodiversity "Mainstreaming biodiversity conservation, bioprospection, and bioeconomy for sustainable livelihood seperti dikutip dari laman resmi LIPI, Rabu (16/9/2020).

Untuk keanekaragaman fauna, tercatat sekitar 12 persen mamalia dunia atau 773 spesies mamalia ada di Indonesia.

Di Pulau Kalimantan, keanekaragaman fauna terbanyak adalah jenis reptil 227 jenis, ikan 738 jenis dan mollusca 558 jenis.

Baca juga: Indonesia Negara ke-6 dengan Kepunahan Biodiversitas Tertinggi

Peneliti Zoologi pada Pusat Penelitian Biologi Lembaga Ilmu Pengetahuan Indonesia (LIPI), Prof Rosichon Ubaidillah mengatakan, Indonesia sebagai salah satu pusat agro biodiversitas dunia dengan 10 persen spesies tumbuhan dunia.

Rosichon menjelaskan, flora dan fauna di tujuh pulau utama Indonesia yaitu terutama Sumatera, Kalimantan, Jawa, Sulawesi, Lesser Sunda, Mollucas, dan Papua sangat mendominasi.

Spesies terbanyak terdapat di Kalimantan dan jenis spesies endemik tertinggi terdapat di Papua dan Sulawesi.

Di wilayah Papua, ternyata keanekaragaman fauna terbanyak adalah jenis burung dan amphibi yaitu sekitar 671 jenis burung dan 151 jenis amphibi.

Dapatkan informasi, inspirasi dan insight di email kamu.

Daftarkan email

Tren dan status biodiversitas Indonesia

Berdasarkan data Retnowati er.al tahun 2019 keanekaragaman jenis fungi yaitu bryophytes dan eudicots terbanyak di Pulau Jawa, berturut-turut sekitar 1728, 2088, dan 6456 jenis.

Sedangkan, jenis crustacea terbanyak terdapat di Sulawesi sebanyak 98 jenis dan jenis kupu-kupu terbanyak terdapat di Sumatera.

Sedangkan, di Pulau Kalimantan paling banyak ditemukan grup taxa basal angiosperms sebanyak 656 jenis dan monocots sebanyak 3123 jenis.

Peringkat pertama ini, jika keanekaragaman hayati digabungkan antara biodiversitas di laut dan juga di terrestrial darat.

1. Keanekaragam Flora

2. Keanekaragaman Fauna